Bima Sakti Jadi Sosok yang Paling Disorot Atas Penampilan Indonesia di Piala AFF 2018

Bima Sakti Jadi Sosok yang Paling Disorot Atas Penampilan Indonesia di Piala AFF 2018 – Pelatih Bima Sakti jadi figur yang sangat disorot atas tampilan Tim nasional Indonesia di Piala AFF 2018. Tetapi, Bima dipandang bukan pihak yang pantas disalahkan.

Indonesia terancam tidak berhasil maju ke semi final Piala AFF 2018, sesudah menerima kekalahan dari Thailand 2-4. Ini jadi hasil negatif ke-2 Scuad Garuda selama babak Group B.

Awal mulanya, Indonesia kalah 0-1 dari Singapura, lantas menang 3-1 atas Timor Leste. Tiada penambahan point, Merah Putih tempati tempat ke empat klassemen dengan tiga point dari tiga pertandingan. Sesaat, Thailand kukuh di puncak (6 point).

Di pertandingan paling akhir, Indonesia dinanti lawan yang relatif berat; Filipina. Team berjuluk The Azkals itu mempunyai bekal lebih sip dengan kemenangan atas Singapura 1-0 serta Timor Leste 3-2. Mereka juga tempati posisi ke-2.

Laga dengan Filipina itu diselenggarakan di Stadion Penting gelanggang olahraga Bung Karno (SUGBK), Senayan. Indonesia mempunyai waktu istirahat cukuplah panjang sampai 25 November.

Laju kurang sip Indonesia itu juga ditumpukan pada Bima yang menukar pelatih dari Spanyol, Luis Milla. Tetapi rupanya, Bima, yang awal mulanya jadi asisten pelatih Milla serta baru melakukan kiprah menjadi pelatih di kompetisi bersaing pada piala AFF ini, belumlah dapat membuat Tim nasional tampil seperti waktu dipoles Milla.

Menurut bekas pemain Tim nasional, Firman Utina, Bima tidak dapat disalahkan seutuhnya. Karena, persiapan Bima sangat singkat untuk bangun team yang solid.

“Kurang lama persiapannya hingga mereka belumlah ada chemistry. Memang kerangka penting telah disediakan, saya ketahui mas Bima miliki ciri-ciri sendiri. Dahulu memang asisten Luis Milla, tetapi Bima miliki ciri-ciri sendiri, filosofi sendiri,” tutur Firman, Minggu (18/11).

“Justru, saya suka beliau berani coba. Janganlah disebut mas Bima tidak berhasil, janganlah cuma lihat laga ini, tetapi beberapa jenis persiapan,” ia memberikan.