Kane Tanaka Pecahkan Rekor Sebagai Manusia Tertua di Dunia yang Masih Hidup

Kane Tanaka Pecahkan Rekor Sebagai Manusia Tertua di Dunia yang Masih Hidup – Seseorang wanita Jepang berusia 116 tahun dinobatkan jadi manusia paling tua dalam dunia oleh Guinness World Records.

Instansi pencatat rekor dunia itu lewat cara sah mengaku Kane Tanaka jadi manusia paling tua dalam dunia yg masih tetap hidup, dalam perayaan yg diselenggarakan dalam sesuatu panti jompo tempat ia tinggal di Fukuoka, samping barat daya Jepang. Keluarganya serta wali kota datang dalam perayaan itu.

Sabtu (9/3/2019), Tanaka dilahirkan pada 2 Januari 1903 jadi anak ke-7 dari delapan bersaudara. Wanita itu dipersunting oleh Hideo Tanaka pada tahun 1922 serta mempunyai empat anak dan mengambil seseorang anak yang lain.

Tanaka umumnya bangun pagi tiap-tiap waktu 6 serta salah satunya kegemarannya ialah belajar matematika. Ia sudah tinggal di panti jompo sejak mulai tahun 2005.

Awal mulanya, titel manusia paling tua dalam dunia ikut dipegang oleh wanita Jepang, Chiyo Miyako, yg wafat pada umur 117 tahun. Titel manusia paling tua dalam dunia sebelum Miyako ikut dipegang oleh masyarakat Jepang.

Orang Jepang condong perlihatkan usia panjang serta mengontrol rincian orang paling tua dalam dunia. Otoritas Jepang pertama mulai menyatukan data mengenai mereka yg sempat hidup lebih dari 100 tahun pada tahun 1965 serta kala itu cuma ada 153 orang.

Beberapa terakhir ini, Kementerian Kesehatan Jepang menginformasikan jika jumlahnya masyarakat Jepang yg lebih tua dari 100 tahun sudah bertambah jadi 69.785 orang pada tahun 2018. Dari jumlahnya itu, lebih dari 88 prosen ialah wanita.

Jepang didapati mempunyai centenarian (orang yg sudah hidup 100 tahun) per kapita sangat banyak dibandingkan negara lainnya dalam dunia. Menurut Pew Research Center, ada 4,8 centenarian buat tiap-tiap 10.000 orang di Jepang.